“Gedung Eks Palaguna Nusantara" saksi bisu Kejayaan kota Bandung, Akankah bisa Bangkit Kembali?

saveXpalaguna

Bagi warga bandung kelahiran tahun 70an tentu tahu dan menyaksikan langsung bagaimana majunya Bandung dari gedung eks Palaguna Nusantara. Gedung yang terletak di dekat alun-alun ini termasuk salah satu pusat perbelanjaan yang paling populer, apalagi dengan adanya bioskop Palaguna Nusantara di sana.

Kalau melihat catatan sejarah, sebelum Palaguna, gedung ini bernama Miramar yang menjadi pusat perbelanjaan terkenal dikota Bandung tempo dulu bahkan sebelum masa kemerdekaan. Perkembangan berikutnya adalah beroperasinya bioskop Elita yang dibangun pada 1908 dan kemudian menjadi primadona penggemar film di Kota Bandung, namun bioskop ini kemudian dibongkar pada 1980-an. Lahan tersebut kemudian dibangun kembali menjadi pusat perbelanjaan bernama Palaguna Nusantara dengan memiliki dua bioskop baru, yaitu Palaguna dan Nusantara.

baca juga>> Eks Palaguna Menjadi Bandung Icon : Menuju Bandung yang Lebih Modern


Ketika Palaguna Nusantara berganti menjadi Palaguna Plaza, area tersebut menjadi pusat perbelanjaan pertama dan tersohor pada dekade 1980-an di Kota Bandung. Juga merupakan bangunan dengan fasilitas eskalator pertama di tanah pasundan. Wuih mantaap yah!

Saat itu, gedung eks Palaguna memiliki empat lantai yang difungskan sebagai pusat fesyen, kesenian, kuliner, dan hiburan. Seiring perkembangan bisnis, sejumlah pusat perbelanjaan di area tersebut meredup. Puncaknya, bioskop Nusantara dan Teater Palaguna yang berhenti beroperasi yang menandakan berakhirnya masa kejayaan Plaza Palaguna. 

Bioskop Palaguna yang masih beroperasi hingga akhir tahun 1990-an dan harus rela kehilangan kemampuannya untuk bersaing dengan bioskop-bioskop modern, akhirnya bioskop ini pun ditutup pada tahun 2011.

baca juga >> Menata Eks Palaguna Menjadi Kawasan Modern


Karena secara fisik sudah tidak memadai untuk difungsikan sebagai sarana bisnis maupun pelayanan public maka gedung eks Palaguna Nusantara kini telah dirubuhkan untuk kemudian akan dibangun gedung baru untuk mengembalikan fungsi awal bangunan yakni sebagai kawasan binis terpadu. Area eks-gedung palaguna menjadi lahan yang strategis dan bernilai ekonomi tinggi yang sudah seharusnya dikelola denga baik untuk meningkatkan sebanyak mungkin kesejahteraan warga Bandung. 

lahan eks Palaguna berada di poros utama jalan kota Bandung, bersebrangan disemua sisi dengan Gedung Merdeka, Alun-alun kota termasuk Mesjid Raya dan pendopo sebagai rumah dinas walikota Bandung, belum lagi ditambah area komersial dan perkantoran yang juga berada dalam kawasan ini.

Meski gedung eks Palaguna Nusantara tak lagi berdiri di Bandung, namun nama mereka akan selalu mengiasi kenangan masyarakat Bandung pada eranya. Dan kedepan menjadi harapan kita agar pengembangan kawasan strategis Bandung ini oleh pemerintah bisa memberikan dampak positif bagi Bandung dan segenap penduduknya secara luas.


 tags:
gelar aksi saveXpalaguna, gedung eks palaguna, eks palaguna bukan RTH, ex palaguna jadi bandung icons, demo gedung eks palaguna, komunitas dan seniman savexpalaguna, eks palaguna beda sama baksil, sejarah palaguna dulu adalah mall, kawasan eks palaguna komersil, ex palaguna sesuai peraturan, eks palaguna bandung modern, ex palaguna, saveXpalaguna jadikan bandung icon, savexpalaguna bukan RTH.
Back To Top