Kota yang Baik Adalah Kota yang Bisa Melihat Tujuannya Dengan Jelas



Kota yang baik adalah yang bisa melihat tujuannya dengan jelas dimana kita mampu berbicara dalam konsep ekonomi, berbudaya dan lingkungan. Hal tersebut dikatakan oleh Initiator Smart City dari ITB, Suhono S. Supangkat dalam salah satu seminar pada acara Festival Smart Money Smart City di Golf Driving Race Senayan, Jakarta, Jumat (03/06).
Menurutnya Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi serta penerapan elektronifikasi merupakan aspek penting menuju penerapan konsep smart city yang nantinya diharapkan dapat memperbaiki pelayanan pemerintah kota untuk menghasilkan proses kerja yang lebih efektif dan efisien.
Suhono menambahkan, selama 2 tahun pihaknya telah mempelajari konsep smart city ini dan menghasilkan satu konsep bernama garuda smart city. Konsep ini terdiri dari 3 yaitu: smart economysmart environment dan smart system platform.
“Pendidikan, Sumber Daya Alam dan Manusia serta Industri akan menghasilkan satu nilai ekonomis. Akan ada kemudahan-kemudahan yang akan tercipta seperti aspek tenaga kerja, pengelolaan kemiskinan, dan pariwisata,” tambahnya.
Smart city diharapkan dapat membantu solusi kendala perkotaan. Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi.
Meski  demikian  Suhono juga menjelaskan, Smart City tidak selalu untuk kota yang harus mempunyai akses internet yang memadai dan berbasis IT. Menurutnya, smart city adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.
“Kota cerdas adalah kota yang paling cepat dan akurat memberikan solusi kepada warganya,” pungkasnya.
 Sumber : Detik.com

tags:
gelar aksi saveXpalaguna, gedung eks palaguna, eks palaguna bukan RTH, ex palaguna jadi bandung icons, demo gedung eks palaguna, komunitas dan seniman savexpalaguna, eks palaguna beda sama baksil, sejarah palaguna dulu adalah mall, kawasan eks palaguna komersil, ex palaguna sesuai peraturan, eks palaguna bandung modern, ex palaguna, saveXpalaguna jadikan bandung icon, savexpalaguna bukan RTH.
Back To Top